Senin, 03 Oktober 2011

Penting…!! menjadi orang tua idola anak

Siapakah idola anda? Anda pasti mempunyai idola dalam pergaulan di dunia ini, tapi dalam tulisan ini hal pentingnya bukan pada kalimat siapa idola anda, tapi sudahkah anda menjadi idola bagi anak anda?

Di zaman yang semakin komplek dan semakin modern ini masalah panutan dalam kehidupan keseharian menjadi penting, karena hal yang satu ini terkadang membawa seseorang ke “jurang bahaya”. Menjadi penting kata idola di saat wabah fanatisme sempit terhadap seorang superstar yang jadi idola semakin mewabah.

Sangat berbahaya apabila seorang yang menjadi idola anak kita adalah seorang artis yang kurang bisa menjaga prilakunya. Kita semua tentu mahfum bahwa seorang superstar belum tentu mempunyai prilaku yang layak di tiru, banyak diantara mereka yang kurang sehat dalam pergaulanya, pergaulan bebas serta pemakain narkoba adalah dua contoh yang rentan untuk di tiru.

Untuk mengantisipasi hal diatas, menjadi penting bagi orang tua untuk memberikan perhatian ektra bagi buah hatinya. Orang tua sangat berperan penting sebagai garda terdepan dalam kehidupan keseharian anak-anknya. Orang tua harus senantiasa memberikan sebagian waktunya untuk mengawasi dan mendampingi anak dalam kehidupan keseharianya.

Agar seorang anak merasa nyaman dan tidak merasa risih saat berada di dekat kita salah satu cara terbaiknya adalah kita sebagai orang tua harus berusaha menjadi salah satu idola sekaligus sahabat mereka.Dengan kita bisa menjadi salah satu idola serta sahabat mereka di samping sebagai orang tua, diharapkan kita bisa memberi alternatif idola bagi anak-anak kita, sehingga pikiran anak kita tidak terlalu terfokus pada preilaku idolanya yang lain, jadi fungsi kita sebagai orang tua di sini adalah sebagai penyeimbang dan pembanding agar anak kita tidak menelan mentah-mentah semua prilaku idolanya di luar.

Untuk menjadi seorang idola, kita sebagai orang tua tentu juga harus berusaha untuk “ gaul”. Orang tua sebaiknya mengerti dan memahami trend remaja terupdet.

Salah satu cara bergaul yang ngetrend saat ini adalah pergaulan di dunia maya dan pertumbuhan cepat gadget-gadget yang bisa mengakses pergaulan di dunia maya tersebut. Penting bagi orang tua modern untuk mengikuti perkembangan gadget dan internet, agar sebagai orang tua kita bisa mengawasi juga cara anak-anak kita bergaul di dalamnya.

Memang kita tidak akan bisa memaksakan diri untuk secara mendalam menguasai dunia internet dan teknologi gadget pengaksesnya, tapi minimal kita dapat mengawasi prilaku anak kita dalam memanfaatkan gadget tersebut.

Kembali kepada persoalan pokok di atas, memang tidak gampang menjadi orang tua yang jadi idola anak, tapi menurut saya tidak susah juga, asalkan kita dapat memahami selera dan kebiasaan anak kita, insyaallah kita akan bisa menjadi orang tua kebanggan mereka yang sudah pasti akan menjadi salah satu idola dalam kehidupan mereka.

Salah satu syarat dasar untuk jadi idola anak adalah jangan pernah enggan untuk mendengarkan aspirasi anak,selain itu jangan sesekali bersikap otoriter,sok melarang dan marah-marah tanpa penjelasan. Penjelasan yang masuk akal serta pendekatan yang elegan serta penuh kasih sayang adalah cara ampuh mengarahkan pergaulan anak kita.Setelah syarat dasar tadi ada pada diri kita baru kita kembangkan persyaratan lainya agar kita jadi idola mereka sesuai selera dan stil yang mereka inginkan.

Demikianlah semoga kita akan menjadi orang tua terbaik bagi anak-anak kita.

PS.

Orang tua terbaik bukan yang bisa memberi materi yang berlebih atau kemewahan pada anak-anaknya, Oarang tua terbaik adalah orang tua yang bisa memberikan perhatian tulus serta mengarahkan anaknya untuk jadi anak yang saleh.

Published By A jazi under Internet sehat Tags: Internet sehat, Keluarga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar