Kanker paru-paru, seperti semua kanker, merupakan hasil dari suatu kelainan sel, unit paling dasar dari kehidupan. Biasanya, tubuh mempertahankan sistem checks and balances pada pertumbuhan sel, sehingga sel membelah untuk menghasilkan sel-sel baru yang diperlukan. Gangguan terhadap sistem keseimbangan pertumbuhan sel tidak terkendali dan akhirnya membentuk suatu massa yang dikenal sebagai tumor.
Tumor dapat menjadi jinak atau ganas, dan tumor ganas inilah yang disebut kanker. Tumor jinak biasanya dapat dihilangkan dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Tumor ganas, di sisi lain, tumbuh secara agresif dan menyerang jaringan-jaringan tubuh lain, sehingga sel-sel tumor masuk ke dalam aliran darah atau sistem limfatik dan kemudian ke bagian dalam tubuh. Proses penyebaran ini disebut metastasis.
Karena kanker paru-paru cenderung menyebar atau bermetastasis, maka sangat mengancam jiwa. Kanker paru-paru dapat menyebar ke setiap organ di dalam tubuh, terutama kelenjar adrenal, hati, otak, dan tulang. Kanker ini juga salah satu jenis kanker yang paling sulit untuk diobati. Paru-paru juga organ yang paling sering terkena oleh tumor di bagian tubuh lain.
Penyebab
Penyebab utama kanker paru-paru adalah merokok baik karena perokok aktif atau perokok pasif. Sedangkan penyebab lainnya kontaminasi udara sekitar oleh zat asbes, polusi udara oleh asap kendaraan ataupun pembakaran termasuk asap rokok.
Gejala
Kanker tidak menunjukkan gejala apapun yang terlihat dari luar jika pertumbuhan sel belum parah. Sebanyak 25% dari penderita kanker paru-paru, diketahui gejalanya setelah mereka rutin melakukan sinar X di dada atau CT scan. Jika terbukti ada kanker paru maka akan tampak bulatan keci seperti koin.
Gejala yang berhubungan dengan kanker jenis ini antara lain gangguan pernapasan yang menyebabkan gejala seperti batuk, sesak napas, mengi, nyeri dada, dan batuk darah (Hemoptisis).
Jika kanker telah menyerang saraf, misalnya, dapat menimbulkan nyeri bahu yang bergerak di bagian luar lengan (disebut Pancoast sindrome) atau kelumpuhan pita suara menyebabkan suara serak. Invasi kerongkongan dapat menyebabkan kesulitan menelan (disfagia). Jika napas terhambat, menyebabkan infeksi (abses, radang paru-paru) di daerah yang terhambat.
Gejala yang terkait dengan metastasis: Kanker paru-paru yang telah menyebar ke tulang dapat memproduksi rasa sakit luar biasa di tulang. Sedangkan kanker yang telah menyebar ke otak dapat menyebabkan sejumlah gejala neurologis seperti penglihatan kabur, sakit kepala, kejang, atau gejala stroke seperti kelemahan atau hilangnya sensasi di bagian tubuh.
Pengobatan
Pengobatan untuk kanker paru-paru dapat melibatkan operasi pengangkatan kanker, kemoterapi, atau terapi radiasi, seperti halnya kombinasi dari perawatan ini. Keputusan tentang perawatan yang akan layak untuk individu tertentu harus memperhitungkan lokalisasi dan luasnya tumor serta status kesehatan pasien secara keseluruhan.
Seperti kanker lainnya, mungkin akan ditentukan terapi pencabutan atau kanker atau paliatif (tindakan yang tidak dapat mengobati kanker tetapi dapat mengurangi rasa sakit dan penderitaan pasien.
Sumber: medlineplus dan medicinet.
Minggu, 16 Januari 2011
Jumat, 14 Januari 2011
Kumpulan Puisi Zaman Baheula
* Puasku tersenyum
Demi kejujuran hatimu
Yang menjadi terbaik
Yang pernah ku miliki
Tak puasku mencinta
Demi kasih tak sampai
Yang hingga kini
Masih tetap yang merindu
Puasku menangis
Demi setia ini
Yang tak pernah dimiliki
Untuk menjadi bahagia
Puasku kecewa
Dengan bangga ini
Semakin meracuni
Segala pedih yang terluka
Doaku selalu bersamamu
Hingga akhir waktu
Demi bahagia dan sukamu
Harapku selalu bersamamu
jangan pernah ada luka dan dukamu
Cukup sendu yang menyapa pilu.
*Meskipun cinta dan sayang itu ada
Tapi hidup ini adalah kenyataan
Jangan pernah kecewa
Karena ku tak akan menyakiti
Jangan pernah menangis
Karena ku tak sanggup melihatnya
Biarkanlah indah ini
Tetap menari di hati
Meskipun hari berganti pagi
dan pagi berganti hari
Mengenalmu adalah anugrah
Bersamamu adalah kebanggaan
Mengingatmu adalah keindahan
Mengenangmu adalah kerinduan
Tetaplah menjadi yang terbaik yang pernah kumiliki
Bersinarlah seperti bintang
yang menerangi gelap malamku
jangan pernah menyesal dengan cahaya indahmu
Ku disini berdiri bersama cahayamu
Berharap bahagia selalu menyertaimu
Demi kejujuran hatimu
Yang menjadi terbaik
Yang pernah ku miliki
Tak puasku mencinta
Demi kasih tak sampai
Yang hingga kini
Masih tetap yang merindu
Puasku menangis
Demi setia ini
Yang tak pernah dimiliki
Untuk menjadi bahagia
Puasku kecewa
Dengan bangga ini
Semakin meracuni
Segala pedih yang terluka
Doaku selalu bersamamu
Hingga akhir waktu
Demi bahagia dan sukamu
Harapku selalu bersamamu
jangan pernah ada luka dan dukamu
Cukup sendu yang menyapa pilu.
*Meskipun cinta dan sayang itu ada
Tapi hidup ini adalah kenyataan
Jangan pernah kecewa
Karena ku tak akan menyakiti
Jangan pernah menangis
Karena ku tak sanggup melihatnya
Biarkanlah indah ini
Tetap menari di hati
Meskipun hari berganti pagi
dan pagi berganti hari
Mengenalmu adalah anugrah
Bersamamu adalah kebanggaan
Mengingatmu adalah keindahan
Mengenangmu adalah kerinduan
Tetaplah menjadi yang terbaik yang pernah kumiliki
Bersinarlah seperti bintang
yang menerangi gelap malamku
jangan pernah menyesal dengan cahaya indahmu
Ku disini berdiri bersama cahayamu
Berharap bahagia selalu menyertaimu
Selasa, 04 Januari 2011
Happy Birthday
Happy Birthday Ayah, moga makin bijaksana, makin sabar ngadepin mama n nafis, makin perhatian ma keluarga, jgn temen2 terus yg diurusin, kan mama sm nafis sayang sama ayah, makanya blg gini hehehe..., semoga apa pun yg ayah lakukan diberikan yg terbaik sama Allah, n keluarga kita diberikan keluarga yg sakinah, mawadah n warahmah.. amien..... we both love you full mmmuachhh......
Senin, 20 Desember 2010
Teman
Aku tahu, diriku tak sempurna.
Seperti dibentuk, itulah hidupku.
Menjadi apa?
Terkadang akupun tak mengerti.
Namun, aku tahu, teman, kau ada.
Aku, telah menjadi teman.
Dia, menjadi teman.
Dimana aku?
Disini, di dalam cerita.
Tentang teman, aku dan dia.
Hadiah yang ku dapatkan setiap hari,
sebuah senyum manis dari teman.
Teman, menjadi tangan yang menggandeng setiap saat,
dalam mimpi dan harapku.
Terima kasih teman.
Untuk semua teman, yang menjadi teman, dan membuatku seorang teman. Tak sempurnanya aku dan kau, membuat hidup ini terasa seperti pelangi yang berwarna-warni nan indah di langit biru.
Catatan Si Hijau
Seperti dibentuk, itulah hidupku.
Menjadi apa?
Terkadang akupun tak mengerti.
Namun, aku tahu, teman, kau ada.
Aku, telah menjadi teman.
Dia, menjadi teman.
Dimana aku?
Disini, di dalam cerita.
Tentang teman, aku dan dia.
Hadiah yang ku dapatkan setiap hari,
sebuah senyum manis dari teman.
Teman, menjadi tangan yang menggandeng setiap saat,
dalam mimpi dan harapku.
Terima kasih teman.
Untuk semua teman, yang menjadi teman, dan membuatku seorang teman. Tak sempurnanya aku dan kau, membuat hidup ini terasa seperti pelangi yang berwarna-warni nan indah di langit biru.
Catatan Si Hijau
Selasa, 14 Desember 2010
Management Waktu
Tulisan ini gw share dari tulisan Bung Budiman Hakim, dari milis Creative Circle Indonesia, silahkan membaca dan merenungkan:D
Sekarang ini banyak orang-orang iklan mengeluh karena di kantornya ga boleh lagi membuka facebook, chatting pake yahoo messenger, ngisi blog, berbalas pantun di twitter dan sebagainya. Bahkan ada beberapa biro iklan yang melarang internet sama sekali. Bila memang butuh sekali untuk keperluan lay out baru deh dikasih. Caranya, yang bersangkutan harus meminta izin dengan mengisi form yang disediakan oleh perusahaan. Kalau diperkirakan kebutuhannya sekitar 3 jam, maka orang IT mereka akan membuka akses internet sejumlah jam itu.
Larangan ini buat saya sih sangat bisa dimengerti, sebab banyak sekali waktu karyawan yang memang dipakai untuk hal-hal seperti di atas. Karuan aja management merasa rugi bayar gaji mereka kalo waktu para staff hanya dihabiskan untuk main internet yang ga ada hubungannya dengan pekerjaan.
Sebaliknya, para karyawan sangat terganggu dengan peraturan tersebut. Buat mereka internet sangat membantu dalam melaksanakan pekerjaan. Di samping itu, mereka merasa sudah bekerja habis-habisan untuk perusahaan, sehingga browsing internet merupakan selingan hiburan setelah letih dilanda bejibun pekerjaan. Mereka juga merasa terlalu sering kerja sampai malam sehingga tidak sempat bersosialisasi. Chatting dan ngetweet merupakan cara mereka bersosialisi dengan rekan-rekan lainnya melalui dunia virtual.
Larangan menggunakan internet membuat karyawan cukup tertekan. Bahkan ada yang sampai jadi pemicu untuk segera ke luar dari perusahaan tempatnya bekerja. Keadaan jadi semakin lucu. Ketika mereka melamar di biro iklan lain, pertanyaan mereka ke pada HRD bukan hanya soal gaji, jam bekerja, tunjangan-tunjangan dan tetek bengek lainnya. Sekarang muncul pertanyaan baru, yaitu; `apakah di tempat mereka melamar diperbolehkan memakai internet sebebas-bebasnya?' Hahahahahaha seru ya? Anak jaman sekarang, langsung pada mati gaya kalo ga ada handphone atau internet.
Untunglah kantor saya adalah salah satu biro iklan yang memberikan kebebasan berinternet bagi karyawannya. Mengapa demikian? Saya bersyukur banget mempunyai karyawan yang manis-manis kelakuannya dan sangat memikirkan efisiensi kantornya. Mereka menggunakan yahoo messenger untuk berkomunikasi dengan klien. Kalau ada klien yang rada gaptek, anak-anak saya mengajarkan cara menggunakannya. Salah satu staff kami yang cantik, Nikken, berkata; "Lumayan nih pake Yahoo messenger! Komunikasi jadi lancar, pekerjaan bisa di update dengan cepat tapi tagihan telepon justru malah menurun." Hebat kan?
Tapi terlepas dari soal internet, secara umum orang iklan memang kurang rapi dalam mengelola time managementnya sendiri. Apalagi orang kreatif. Dari semua departemen, orang kreatiflah yang paling cuek sama waktu. Saya sudah berkali-kali bilang;"Eh lu di perusahaan ini karyawan. Bukan seniman. Jadi jangan ngantor seenak udel lu sendiri."
Biasanya kalo udah ditegur, mereka datang pagi sehari dua hari. Abis itu balik lagi datang siang dengan beribu alasan. Ada yang bilang ke bengkellah, ke Banklah, ada yang saudaranya meninggallah, yang paling ga mutu adalah alasan keperluan keluarga. Ga bisa lebih spesifik, Tong? Keperluan keluarga kan banyak. Heran…susah banget ngikutin peraturan?
Saya bisa memahami mereka datang siang hari ke kantor kalo malam sebelumnya begadang kerja sampai larut. Yah saya tutup matalah mereka datang jam 10 atau jam 11. Akan tetapi kerja sampai tengah malam kan ga tiap hari. Sekarang ini hampir semua staff datangnya jam 10 pagi, ada yang lebih malah. Sedangkan jam kantor dimulai jam 8.30. Seakan-akan jam 10 sudah menjadi standar kedatangan jam kantor yang normal. Seandainya tiba-tiba datang kerjaan mendadak kan repot sendiri nantinya.
Datang ke kantor jam 10 membuat waktu kita tidak efisien. Coba direnungkan; Kalo kita datang jam 10, tentunya kita masih capek karena perjalanan. Semangat kerja kita belum ngumpul. Terus kita nyalain komputer, ngecek-ngecek email, baca-baca email, balas-balas email. Belum lagi ada offline messages dari teman. Baca lagi, balas lagi. Tanpa terasa 1 jam sendiri sudah terbuang percuma. Pas kita buka kerjaan, mulai ngulik-ngilik lay out, tiba-tiba sudah jam makan siang. Dengan paras lugu, tanpa merasa bersalah lalu ngomel sendiri; "Loh? Sudah jam 12? Cepet amat?" (Ya cepetlah…lo mulainya aja jam berapa Choy?)
Yang lebih dramatis, anak-anak itu kalo makan siang selalu on time perginya. Jam 12 teng, langsung pada ilang. Sayangnya, pulangnya mereka ga on time. Balik kantor bisa jam 2. Kalo hari jumat bisa lebih gila lagi, sampe jam 3 kadang-kadang. Makan berapa bakul sih bisa sampe selama itu? Sore dan malamnya baru deh pada kerja beneran. Makanya ga usah heran kalo karyawan bisa pulang malam tiap hari. Bukan karena malas tapi karena time managementnya yang kacau.
Sebaiknya kita mulai memikirkan time management. Ada banyak manfaat yang bisa didapat kalo kita melakukannya. Pertama kita bisa bersosialisasi dengan kalangan lain di luar periklanan. Ini perlu agar kita bisa mengetahui dunia lain selain time sheet, creative order dan jadwal shooting. Kedua, kita bisa lebih awal sampai di rumah, sehingga kita masih sempat makan malam sama keluarga. Masih sempat becanda-becanda sama anak. Ketiga, kita bisa tidur lebih cepat sehingga bangun bisa lebih pagi, lebih segar dan lebih awal datang ke kantor. Akibatnya? Orang kantor senang, keluarga happy.
Bagaimana caranya mengatur time management? Mari kita analisa bersama-sama. Cobalah sebisa mungkin datang sesuai jam kantor. Katakanlah jam 8.30. Ga usah pedulikan teman-teman kita yang belom datang. Datang pagi membuat kita punya waktu untuk baca koran, ngopi lalu cek-cek email. Setelah semangat ngumpul, barulah kita mulai bekerja. Dengan datang lebih awal, kita bisa start mendahului teman-teman kita yang datang siang. Peningkatan karir di kantor kan ga ada bedanya dengan kompetisi, hampir sama dengan balapan. Seharusnya kita senang dong bisa mencuri start dan memenangkan pertandingan. Coba deh pikirin…
Melakukan time management memerlukan kejujuran. Kejujuran adalah hal yang sangat sulit dilakukan, khususnya bila menyangkut performance kita. Kalo sesuatu yang positif mah kita gampang jujurnya, tapi kalo yang negatif? Hehehehehehe…Tapi ga papa, kita coba aja ya? OK, caranya begini.
Tulislah semua kegiatan kita dalam satu hari, dari pertama datang ke kantor sampai pulang ke rumah. Semuanya harus ditulis. Bukan hanya pekerjaan saja tapi juga berapa lama kita makan siang, berapa lama kita chatting, berapa lama kita ngetweet dan min facebook, berapa lama browsing gambar-gambar jorok, berapa lama kita kita ke toilet…pokoknya semua. Untuk mempermudah, tulis dalam sebuah tabel. Sekarang perhatikan tabel itu baik-baik. Pastilah terlihat mana waktu yang efisien dan mana yang buang-buang waktu.
Selanjutnya, coba kita catat pekerjaan kita dalam seminggu (Kali ini hanya pekerjaan saja). Catat pula deadline pekerjaan itu. Lalu bagi jumlah pekerjaan dengan waktu yang kita punya dalam seminggu. Kita jadwalkan; dalam satu hari kita akan mengerjakan pekerjaan apa saja. Kita targetkan juga, dalam berapa jam sebuah pekerjaan akan kita selesaikan di hari itu. Usahakan sebisa mungkin ada pekerjaan yang bisa kita selesaikan dengan waktu lebih cepat dari yang kita jadwalkan. Kalau di kantor diharuskan mengisi time sheet, akan sangat membantu program time management. Oh ya, jangan lupa menyediakan waktu kosong buat ngisi blog sekalian curhat mengenai progres time management kita.
Time management itu adalah attitude.
Kalau sedang melaksanakan time management, maka kita harus saklek sama semua orang. Tuliskan time management hari itu berupa agenda. Berikan agenda tadi ke pada traffic manager. Jadi kalau ada staff-staff lain yang mendadak ingin mengadakan internal meeting harus dilakukan di waktu yang sudah kita kosongi. Kita bisa fleksibel seandainya meeting itu sangat penting dengan catatan kita bisa menukar waktu yang terbuang dengan waktu kosong lain yang sudah kita cadangkan. Kalau kita hanya punya waktu 1 jam, bilang sama traffic bahwa kita akan ikut meeting 1 jam. Kalau lebih kita akan meninggalkan ruang meeting walaupun belom selesai. Pokoknya apapun alasannya jangan mau orang lain mengacaukan time management yang sudah kita atur.
Selanjutnya. Misalkan kita lagi ngulik kerjaan di kubikel kita. Tau-tau datang Boss ngajak kita ngomong. Nah loh…gimana cara menghadapinya? Boss nih ga main-main. Saya rasa coba aja ngomong baik-baik sama dia.
Kita : Maap Boss, saya lagi mengerjakan iklan TV nih. Harus kelar jam 2 ini. Ada yang bisa saya bantu?
Boss : Kita dapet undangan pitching. Jadi mau ngomong sama kamu.
Kita : Cukup ga 10 menit untuk ngomongin itu? Kalo ga cukup, gimana kalo saya yang ke tempat Boss setelah pekerjaan ini selesai? Jadi kita lebih banyak waktu ngomonginnya?
Dengan cara halus seperti itu saya rasa Boss bisa ngerti. Dia kan liat sendiri kalo kita lagi mengerjakan pekerjaan kantor juga. Dan manfaat lainnya adalah belajar mengatakan `tidak' pada orang lain, sekalipun dia atasan kita.
Selamat mencoba!
Sekarang ini banyak orang-orang iklan mengeluh karena di kantornya ga boleh lagi membuka facebook, chatting pake yahoo messenger, ngisi blog, berbalas pantun di twitter dan sebagainya. Bahkan ada beberapa biro iklan yang melarang internet sama sekali. Bila memang butuh sekali untuk keperluan lay out baru deh dikasih. Caranya, yang bersangkutan harus meminta izin dengan mengisi form yang disediakan oleh perusahaan. Kalau diperkirakan kebutuhannya sekitar 3 jam, maka orang IT mereka akan membuka akses internet sejumlah jam itu.
Larangan ini buat saya sih sangat bisa dimengerti, sebab banyak sekali waktu karyawan yang memang dipakai untuk hal-hal seperti di atas. Karuan aja management merasa rugi bayar gaji mereka kalo waktu para staff hanya dihabiskan untuk main internet yang ga ada hubungannya dengan pekerjaan.
Sebaliknya, para karyawan sangat terganggu dengan peraturan tersebut. Buat mereka internet sangat membantu dalam melaksanakan pekerjaan. Di samping itu, mereka merasa sudah bekerja habis-habisan untuk perusahaan, sehingga browsing internet merupakan selingan hiburan setelah letih dilanda bejibun pekerjaan. Mereka juga merasa terlalu sering kerja sampai malam sehingga tidak sempat bersosialisasi. Chatting dan ngetweet merupakan cara mereka bersosialisi dengan rekan-rekan lainnya melalui dunia virtual.
Larangan menggunakan internet membuat karyawan cukup tertekan. Bahkan ada yang sampai jadi pemicu untuk segera ke luar dari perusahaan tempatnya bekerja. Keadaan jadi semakin lucu. Ketika mereka melamar di biro iklan lain, pertanyaan mereka ke pada HRD bukan hanya soal gaji, jam bekerja, tunjangan-tunjangan dan tetek bengek lainnya. Sekarang muncul pertanyaan baru, yaitu; `apakah di tempat mereka melamar diperbolehkan memakai internet sebebas-bebasnya?' Hahahahahaha seru ya? Anak jaman sekarang, langsung pada mati gaya kalo ga ada handphone atau internet.
Untunglah kantor saya adalah salah satu biro iklan yang memberikan kebebasan berinternet bagi karyawannya. Mengapa demikian? Saya bersyukur banget mempunyai karyawan yang manis-manis kelakuannya dan sangat memikirkan efisiensi kantornya. Mereka menggunakan yahoo messenger untuk berkomunikasi dengan klien. Kalau ada klien yang rada gaptek, anak-anak saya mengajarkan cara menggunakannya. Salah satu staff kami yang cantik, Nikken, berkata; "Lumayan nih pake Yahoo messenger! Komunikasi jadi lancar, pekerjaan bisa di update dengan cepat tapi tagihan telepon justru malah menurun." Hebat kan?
Tapi terlepas dari soal internet, secara umum orang iklan memang kurang rapi dalam mengelola time managementnya sendiri. Apalagi orang kreatif. Dari semua departemen, orang kreatiflah yang paling cuek sama waktu. Saya sudah berkali-kali bilang;"Eh lu di perusahaan ini karyawan. Bukan seniman. Jadi jangan ngantor seenak udel lu sendiri."
Biasanya kalo udah ditegur, mereka datang pagi sehari dua hari. Abis itu balik lagi datang siang dengan beribu alasan. Ada yang bilang ke bengkellah, ke Banklah, ada yang saudaranya meninggallah, yang paling ga mutu adalah alasan keperluan keluarga. Ga bisa lebih spesifik, Tong? Keperluan keluarga kan banyak. Heran…susah banget ngikutin peraturan?
Saya bisa memahami mereka datang siang hari ke kantor kalo malam sebelumnya begadang kerja sampai larut. Yah saya tutup matalah mereka datang jam 10 atau jam 11. Akan tetapi kerja sampai tengah malam kan ga tiap hari. Sekarang ini hampir semua staff datangnya jam 10 pagi, ada yang lebih malah. Sedangkan jam kantor dimulai jam 8.30. Seakan-akan jam 10 sudah menjadi standar kedatangan jam kantor yang normal. Seandainya tiba-tiba datang kerjaan mendadak kan repot sendiri nantinya.
Datang ke kantor jam 10 membuat waktu kita tidak efisien. Coba direnungkan; Kalo kita datang jam 10, tentunya kita masih capek karena perjalanan. Semangat kerja kita belum ngumpul. Terus kita nyalain komputer, ngecek-ngecek email, baca-baca email, balas-balas email. Belum lagi ada offline messages dari teman. Baca lagi, balas lagi. Tanpa terasa 1 jam sendiri sudah terbuang percuma. Pas kita buka kerjaan, mulai ngulik-ngilik lay out, tiba-tiba sudah jam makan siang. Dengan paras lugu, tanpa merasa bersalah lalu ngomel sendiri; "Loh? Sudah jam 12? Cepet amat?" (Ya cepetlah…lo mulainya aja jam berapa Choy?)
Yang lebih dramatis, anak-anak itu kalo makan siang selalu on time perginya. Jam 12 teng, langsung pada ilang. Sayangnya, pulangnya mereka ga on time. Balik kantor bisa jam 2. Kalo hari jumat bisa lebih gila lagi, sampe jam 3 kadang-kadang. Makan berapa bakul sih bisa sampe selama itu? Sore dan malamnya baru deh pada kerja beneran. Makanya ga usah heran kalo karyawan bisa pulang malam tiap hari. Bukan karena malas tapi karena time managementnya yang kacau.
Sebaiknya kita mulai memikirkan time management. Ada banyak manfaat yang bisa didapat kalo kita melakukannya. Pertama kita bisa bersosialisasi dengan kalangan lain di luar periklanan. Ini perlu agar kita bisa mengetahui dunia lain selain time sheet, creative order dan jadwal shooting. Kedua, kita bisa lebih awal sampai di rumah, sehingga kita masih sempat makan malam sama keluarga. Masih sempat becanda-becanda sama anak. Ketiga, kita bisa tidur lebih cepat sehingga bangun bisa lebih pagi, lebih segar dan lebih awal datang ke kantor. Akibatnya? Orang kantor senang, keluarga happy.
Bagaimana caranya mengatur time management? Mari kita analisa bersama-sama. Cobalah sebisa mungkin datang sesuai jam kantor. Katakanlah jam 8.30. Ga usah pedulikan teman-teman kita yang belom datang. Datang pagi membuat kita punya waktu untuk baca koran, ngopi lalu cek-cek email. Setelah semangat ngumpul, barulah kita mulai bekerja. Dengan datang lebih awal, kita bisa start mendahului teman-teman kita yang datang siang. Peningkatan karir di kantor kan ga ada bedanya dengan kompetisi, hampir sama dengan balapan. Seharusnya kita senang dong bisa mencuri start dan memenangkan pertandingan. Coba deh pikirin…
Melakukan time management memerlukan kejujuran. Kejujuran adalah hal yang sangat sulit dilakukan, khususnya bila menyangkut performance kita. Kalo sesuatu yang positif mah kita gampang jujurnya, tapi kalo yang negatif? Hehehehehehe…Tapi ga papa, kita coba aja ya? OK, caranya begini.
Tulislah semua kegiatan kita dalam satu hari, dari pertama datang ke kantor sampai pulang ke rumah. Semuanya harus ditulis. Bukan hanya pekerjaan saja tapi juga berapa lama kita makan siang, berapa lama kita chatting, berapa lama kita ngetweet dan min facebook, berapa lama browsing gambar-gambar jorok, berapa lama kita kita ke toilet…pokoknya semua. Untuk mempermudah, tulis dalam sebuah tabel. Sekarang perhatikan tabel itu baik-baik. Pastilah terlihat mana waktu yang efisien dan mana yang buang-buang waktu.
Selanjutnya, coba kita catat pekerjaan kita dalam seminggu (Kali ini hanya pekerjaan saja). Catat pula deadline pekerjaan itu. Lalu bagi jumlah pekerjaan dengan waktu yang kita punya dalam seminggu. Kita jadwalkan; dalam satu hari kita akan mengerjakan pekerjaan apa saja. Kita targetkan juga, dalam berapa jam sebuah pekerjaan akan kita selesaikan di hari itu. Usahakan sebisa mungkin ada pekerjaan yang bisa kita selesaikan dengan waktu lebih cepat dari yang kita jadwalkan. Kalau di kantor diharuskan mengisi time sheet, akan sangat membantu program time management. Oh ya, jangan lupa menyediakan waktu kosong buat ngisi blog sekalian curhat mengenai progres time management kita.
Time management itu adalah attitude.
Kalau sedang melaksanakan time management, maka kita harus saklek sama semua orang. Tuliskan time management hari itu berupa agenda. Berikan agenda tadi ke pada traffic manager. Jadi kalau ada staff-staff lain yang mendadak ingin mengadakan internal meeting harus dilakukan di waktu yang sudah kita kosongi. Kita bisa fleksibel seandainya meeting itu sangat penting dengan catatan kita bisa menukar waktu yang terbuang dengan waktu kosong lain yang sudah kita cadangkan. Kalau kita hanya punya waktu 1 jam, bilang sama traffic bahwa kita akan ikut meeting 1 jam. Kalau lebih kita akan meninggalkan ruang meeting walaupun belom selesai. Pokoknya apapun alasannya jangan mau orang lain mengacaukan time management yang sudah kita atur.
Selanjutnya. Misalkan kita lagi ngulik kerjaan di kubikel kita. Tau-tau datang Boss ngajak kita ngomong. Nah loh…gimana cara menghadapinya? Boss nih ga main-main. Saya rasa coba aja ngomong baik-baik sama dia.
Kita : Maap Boss, saya lagi mengerjakan iklan TV nih. Harus kelar jam 2 ini. Ada yang bisa saya bantu?
Boss : Kita dapet undangan pitching. Jadi mau ngomong sama kamu.
Kita : Cukup ga 10 menit untuk ngomongin itu? Kalo ga cukup, gimana kalo saya yang ke tempat Boss setelah pekerjaan ini selesai? Jadi kita lebih banyak waktu ngomonginnya?
Dengan cara halus seperti itu saya rasa Boss bisa ngerti. Dia kan liat sendiri kalo kita lagi mengerjakan pekerjaan kantor juga. Dan manfaat lainnya adalah belajar mengatakan `tidak' pada orang lain, sekalipun dia atasan kita.
Selamat mencoba!
Senin, 13 Desember 2010
Kangeeeen...
Duuh kangeeeen bgt dah lama ga nulis di blog, soalnya kemarin2 ribet n sibuk bgt ngurusin kerjaan yg buaaanyak bgt kayanya ga ada abisnya, maklum lah ada 2 even yg harus dilaunching gede2 an, jdnya ketiban ribetnya deh yg sampe dikejar2 dateline sampe lumayan streesss abis, tp alhamdulillah skrg udah rada longgaran nih, jdnya aku bisa nulis lagi pyuuuh... lega rasanya...plooooong bgt, udah gitu ada pengumuman libur panjang wuuiih ga tangung2 dr 24 des sampe tgl 3 Jan baru masuk...mantaps deh pokonya...
Ngomong2 liburan, lg mikir nih enaknya liburan kmana ya.. hrs dijadwal nih, udah gitu si nafis jg libur sekolahnya hehe... oia bentar lg nafis terima raport lho, wah ga sabar nih pengen liat, kira2 selama ini penilaian guru nya terhadap nafis selama di sekolah itu gmana ya? jd deg2 an nih, kira2 anakku akan dibilang apa ya hihi... lucu jg kalo ngebayangin, abis nafis kalo di sekolah itu ga pernah bisa diem duduk yg rapih, maunya jalan2 di kelas n main sesuka hatinya, tp pas giliran ditanya dia bisa jawab hihihi... lucu ya nafis, waktu kmrn test suruh baca Surat Al fatihah, An-nas sama Al Ikhlas dia jg ternyata hafal, wooow aku sama ayahnya sampe takjub, kok bisa hehehe... secara anaknya tuh senang nya main terus, wah kepikiran pengen ngajakin nafis liburan, tp kira2 kmana ya? nanti aja deh mikirnya, tanyain sm si Ayah dulu hihihi...
Alhamdulillah keluarga kecilku selalu bahagia dan diberi limpahan karunia MU ya Allah, ini adalah berkah karena keteguhan hati dan pilosofi, so If you can't have the one you love, then love the one you have
Ngomong2 liburan, lg mikir nih enaknya liburan kmana ya.. hrs dijadwal nih, udah gitu si nafis jg libur sekolahnya hehe... oia bentar lg nafis terima raport lho, wah ga sabar nih pengen liat, kira2 selama ini penilaian guru nya terhadap nafis selama di sekolah itu gmana ya? jd deg2 an nih, kira2 anakku akan dibilang apa ya hihi... lucu jg kalo ngebayangin, abis nafis kalo di sekolah itu ga pernah bisa diem duduk yg rapih, maunya jalan2 di kelas n main sesuka hatinya, tp pas giliran ditanya dia bisa jawab hihihi... lucu ya nafis, waktu kmrn test suruh baca Surat Al fatihah, An-nas sama Al Ikhlas dia jg ternyata hafal, wooow aku sama ayahnya sampe takjub, kok bisa hehehe... secara anaknya tuh senang nya main terus, wah kepikiran pengen ngajakin nafis liburan, tp kira2 kmana ya? nanti aja deh mikirnya, tanyain sm si Ayah dulu hihihi...
Alhamdulillah keluarga kecilku selalu bahagia dan diberi limpahan karunia MU ya Allah, ini adalah berkah karena keteguhan hati dan pilosofi, so If you can't have the one you love, then love the one you have
Rabu, 01 Desember 2010
Nice Word
Don't Ever lost contact with someone you love, you'll never know what's gonna happen the next day, or the day after that..
Even a single "hi" or a "good morning" Before you know that someone is no longer there....
Jangan Cintai Seseorang Setinggi Langit Karena Langit Bisa Runtuh..
Jangan Cintai Seseorang Sedalam Lautan Karena Lautan Bisa Surut..
Jangan Cintai Seseorang Sebesar Dunia Karena Dunia Bisa Hancur..
Cukup Cintai Seseorang Seujung Kuku, Walau Kecil, Walau Selalu Dipotong, Ia Akan Selalu Tumbuh..
Cintailah pasanganmu apa adanya, karena dialah yg terbaik untukmu
Jikalau dia datang terlambat itu artinya kamu harus menunggunya
Sampai dia datang dan ada di hadapanmu
Even a single "hi" or a "good morning" Before you know that someone is no longer there....
Jangan Cintai Seseorang Setinggi Langit Karena Langit Bisa Runtuh..
Jangan Cintai Seseorang Sedalam Lautan Karena Lautan Bisa Surut..
Jangan Cintai Seseorang Sebesar Dunia Karena Dunia Bisa Hancur..
Cukup Cintai Seseorang Seujung Kuku, Walau Kecil, Walau Selalu Dipotong, Ia Akan Selalu Tumbuh..
Cintailah pasanganmu apa adanya, karena dialah yg terbaik untukmu
Jikalau dia datang terlambat itu artinya kamu harus menunggunya
Sampai dia datang dan ada di hadapanmu
Langganan:
Postingan (Atom)